Jumat, 16 Oktober 2020

Ulasan Singkat Cerpen Malam Pengantin

 Minggu ini tugas dari ODOP adalah mengulas cerpen yang sudah disediakan di blog, http://ngodop.com. Rasanya malas banget untuk ngerjain tugas kali ini. Hampir-hampir aku gak mau ngerjain tugas, tapi aku mikir lagi, masa' sudah sejauh ini mau menyerah. Akhirnya di hari terakhir ini aku buka blog ODOP yang menyediakan banyak cerpen untuk diulas. Dan bismillah aku memilih untuk mengulas cerpen yang ditulis oleh Lilis Fauz, yang dimuat di link berikut https://www.ngodop.com/2020/08/malam-pengantin.html?m= .



Sinopsis

Sulastri baru saja melangsungkan Pernikahan dengan laki-laki yang sangat ia cintai, yaitu Yusuf seorang pemuda yang sangat pemberani dan punya semangat perjuangan. Yusu juga sangat mencintai Istrinya. Namun, kebahagiaan mereka berdua tidak sampai berumur 24 jam, dikarenakan kota yang mereka tempati, Surabaya sedang berkecamuk perang. Yusuf yang memiliki semangat kebangsaan yang sangat tinggi memutuskan untuk ikut serta dalam membela tanah airnya dengan bergabung dalam barisan tentara Hisbullah, sebelum ia sempat menikmati malam pertama bersama istrinya. Bagaimanakah ujung kisah keduanya silahkan dibaca link di atas.



Judul

Malam Pengantin oleh Lilis Fauz


Pembahasan

Cerita pendek yang berjudul “Malam Pergantian” ini menceritakan sosok pasangan suami-istri, yaitu Yusuf dan Sulastri yang baru saja melangsungkan pernikahan di tengah kecamuk perang. Mereka berdua tinggal di Surabaya. Yang mana waktu itu sedang digempur oleh tentara sekutu. Dengan Sangat berat hati akhirnya Sulastri memberikan izin suaminya untuk ikut berjuang melawan tentara sekutu demi membela bangsanya, dengan menjadi tentara Hisbullah. Sulastri pun turut Ikut serta ke Medan pertempuran dengan menjadi tenaga medis.


Analisis Unsur Intrinsik

1. Tema : Kebangsaan

2. PTokoh : Sulastri dan Yusuf

3. Sudut Pandang : Sudut pandang orang ketiga.

4. Alur : Alur maju

5. Latar

1. Latar Tempat : Perkotaan dan Medan perang

2. Latar Waktu : Malam sampai siang.

3. Latar Suasana : Mengharukan, sedih, penuh perjuangan.

6. Amanat : Setia untuk negara, menjadi seorang istri yang sabar dan ikhlas.


Analisis Unsur Ekstrinsik

Latar Belakang Masyarakat

Latar belakang masyarakat yang ditunjukkan dalam cerita pendek “Malam Pengantin” ini berupa masyarakat perkotaan, yang mana saat itu menjadi Medan peperangan. Suasana peperangan tentunya banyak menciptakan kerugian dari berbagai pihak. Begitu banyak hal-hal menyedihkan yang dialami oleh berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali oleh pasangan suami istri yang baru melangsungkan pernikahan, bahkan tidak bisa menikmati malam pertama dengan pasangannya.

Nilai-nilai Penting

Salah satu nilai yang terkandung dalam cerita pendek “Malam Pengantin” ini adalah semangat dan loyalitas seorang anak muda dalam membela negaranya, yang lagi diancam oleh penjajah. Bagian nilai yang juga sangat penting dalam cerpen ini adalah kesabaran seorang istri.

 

~16 Oktober 2020

#odop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku, Annimarie Schimmel dan Karya Binhad Nurrohmat

  Oleh: M Lutfi  Bermula dari baca-baca artikel tentang Annimare Schimmel, mulai dari kisah pertemuannya dengan Habib Quraisy Baharun (ki...